Saturday, January 28, 2012

PEMBELAJARAN PIANO ( BERMAIN CEPAT ) part.4



Pembelajaran Piano oleh Teguh Sukaryo (www.teguhsukaryo.com)
Re: Bermain Cepat (4)

2) Balance. Keseimbangan merupakan hal pokok yang teramat penting dalam melakukan segala aktifitas. Tidak terkecuali dalam bermain piano, dan dalam bermain cepat! I can’t stress enough the importance of physical and physiological balance. It is the essential starting point of all physical educations. Sayang sekali hal ini masih jarang dibahas di kelas/les piano. Sebuah core issue yang sebenarnya perlu diperhatikan sebelum atau sembari membahas issue yang berhubungan dengan extremities (seperti jari-jari tangan).

Interestingly, however, we all had it perfectly at one time. Kita semua memiliki balance dimasa balita. Suatu talenta yang Tuhan YME beri pada kita manusia di bumi (lihat ilustrasi dibawah ini). Sayangnya keseimbangan ini sering pudar dan terkorupsi seiring dengan masa pertumbuhan fisik dan psikologi kita. But worry not. All we gotta do now is to regain it, i.e by unlearning all the bad habits!

POISE, EASE and GRACE adalah elemen penting yang kita cari dalam dunia balance. Bebas dari gerakan-gerakan yang korup dan berkompensasi. Kita kembalikan diri kita kepada keinginan alam, yakni belajar untuk mendapatkan kembali poise, ease and grace yang pernah kita miliki sewaktu kita masih kecil.

Disisi baiknya, balance dapat dilatih kembali secara sistematis. Saya pribadi sangat menganjurkan Alexander Technique, Yoga, dan Thai Chi. Alexander Technique, misalnya, mengarahkan kita pada keseimbangan dalam kedinamisan gerakan-gerakan kita. Kita memperoleh gerakan yang natural, free from unnecessary tensions dan effortless. Jika Alexander Technique bisa kita terapkan dengan baik, maka tubuh kita akan merasa sangat bebas, ringan, seimbang dan positif.

Bonus dari keseimbangan yang sempurna: Kesehatan, jauh dari cedera fisik (RSS, Carpal Tunnel Syndrome, for instance) dan kebugaran jasmani dan rohani.

Anda menginginkan keseimbangan?

To be continued

No comments:

Post a Comment