Wednesday, December 11, 2013

Renungan Akhir Tahun


By Teguh Sukaryo

Kita sebagai manusia yang utuh diberikan kendali yang mutlak dari Tuhan untuk bebas bersikap dan bebas menentukan pilihan (free will). Ya, free will merupakan suatu penghargaan tinggi dari Tuhan atas diri kita. Tugas kita pada gilirannya adalah menggunakannya dengan sebijaksana mungkin.

Pada renungan akhir tahun ini saya ingin mengajak semua teman-teman dan rekan-rekan untuk tetap memiliki api semangat dalam berkarya dalam hidup. Api semangat yang menyala-nyala dan pendirian yang teguh atas pilihan-pilihan yang telah kita tetapkan. Yakinkan bahwa fokus kita hanya pada hal-hal yang positif, yakni yang paling kita yakini kebenaran dan kebaikannya. Lalu berusahalah mencapainya dengan usaha terbaik dari kita. Lakukan dengan sepenuh hati, tidak pernah setengah-setengah.

Jangan membiarkan orang-orang di sekeliling kita, apalagi orang-orang yang belum teruji maksud hatinya , mempengaruhi langkah dan sikap hidup kita. Kitalah yang menentukan langkah hidup kita sendiri - dari hal yang paling kecil sampai dengan hal yang paling penting dan paling fundamental. Jangan pernah berkonformasi untuk tujuan menyenangkan semua pihak - karena ini sangat berbahaya dan akan merusak jati diri kita. Kita adalah penulis hidup kita sendiri. Dengan keteguhan hati, tulislah apa yang hendak kita tulis. Rayakan free will yang dari Tuhan in dengan terus berkarya dan senantiasa mengucap syukur.

Sudah pasti, along the way, kita akan menemui sindiran dan bahkan ejekan dari orang-orang disekitar kita. Ini adalah wajar. Selama kita masih hidup di dunia ini, hal ini tidak akan bisa dihindari. Saran saya, jangan pedulikan apa yang dikatakan orang lain tentang kita. Jangan ambil pusing. Tugas kita terlalu banyak dan terlalu berharga untuk bisa diombang-ambing oleh perkataan yang akan menjatuhkan. Jangan biarkan perasaan negatif menyusup dan merusak mood, sikap, bahkan pendirian kita yang semula cukup kuat. Miliki kepercayaan diri yang sehat, keteguhan hati, serta kemampuan untuk melangkah dalam hikmat dan pimpinan yang dari Tuhan saja. 

Selamat mengakhiri tahun 2013 dan menyambut tahun baru 2014, teman-teman dan rekan-rekan semua. Tuhan memberkati kita semua dengan kasih dan limpah berkatNya. AMIN

No comments:

Post a Comment